KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MARMER SEBAGAI BAHAN MATERIAL LANTAI

MARMER memang terlihat mewah dan elegan, namun di balik itu semua marmer pun menyimpan kelebihan dan kekurangan nya. marmer telah di gunakan sejak dahulu di berbagai belahan dunia sebagai bahan material lantai, untuk mengetahui cocok atau tidaknya dengan karakteristik rumahAnda, pastikan Anda mempertimbangkan karakteristik marmernya. Karena akan membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi dan pemasangannya pun tidak mudah.


Marmer tersedia dalam berbagai bentuk bahkan bisa di pesan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda mulai dari ukuran slab, mozaik hingga 60x60. Harga marmer yang mahal membuat material penutup lantai ini kerap hanya terdapat di rumah-rumah mewah saja. tentu selain harga nya yang mahal juga biaya perawatan nya yang cukup mahal.


Tekstur marmer yang berpori-pori kerap kali sulit di bersihkan jika terkena noda, dalam beberapa waktu lalu saya telah ungkap cara atau tips merawat lantai marmer yang dapat anda lakukan sendiri, sebagai cara menghemat biaya perawatan marmer.


Lantai marmer cocok digunakan untuk rumah bergaya mediterania atau rumah modern karena akan menambah kesan elegan dan menawan. Sebaiknya marmer dipasang di ruang tamu, ruang keluarga, kamar atau ruang makan. Bila hendak di pasang di tempat yang sering terkena basah atau noda seperti kamar mandi atau dapur sebaiknya marmer dilapisi pelindung agar perawatan nya lebih mudah.

poles marmer



Berikut ini KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MARMER sebagai material lantai yang di ungkapkan menutur Bapak Yanto Irawan,ST, et. al dalam buku Panduan Peraktis Menghitung Biaya Membangun Rumah (Kawan Pustaka, 2012) 
Kelebihan:
  1. Bahan alami marmer memberikan motif yang beragam dan tidak sama setiap potongannya.
  2. Memberikan kesan merwah .
  3. Daya tahan terhadap beban relatif lebih tinggi sehingga mampu bertahan lama.
  4. Memberikan kesan dingin pada suhu ruangan
 Kekurangan:
  1.  Harga relatif mahal.
  2. Peroses pemasangannya membutuhkan keahlan khusus dan memakan waktu lama.
  3. Memiliki pori-pori sehinggan noda tidah mudah dihilangkan jika tidak diberi lapisan pelindung khusus.
  4. Akan membekas jika tergores. 

Demikian kelebihan dan kekurangan marmer, sehingga anda dapat menentukan bahan material untuk lantai marmer di rumah anda. jika anda merasa ragu untuk memasang material ini silahkan di diskusikan lagi dengan pakar atau arstitek rumah anda, sehingga rumah anda dapat terlihat makin WAAH dan menawan sehingga membuat iri setiap mata yang melihat rumah anda.


Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk anda semua.
salam sukses selalu.