Taman Atap Rumah

taman atap rumah
Bersantai melepas penat setelah seharian menjalani rutinitas pekerjaan membuat anda mendambakan sebuah ruang terbuka hijau dirumah. Namun dengan keterbatasan lahan seperti sekarang ini khususnya di perkotaan membuat anda terkadang sulit untuk menentukan lahan yang akan di buat taman terbuka hijau, Tidak ada salahnya mengoptimalkan bagian atas rumah dijadikan taman terbuka hijau yang indah.
   Taman atap rumah bisa menjadi salah satu alternatif untuk menciptakan lingkungan rumah yang sejuk dan sehat. Tapi sebelum membuat taman di atap rumah hendaknya memperhatikan struktur atap rumah dan pemilihan jenis tanaman yang tepat.
   Jika taman yang ingin dibuat hanya untuk penghijauan maka jenis rumput atau semak bisa jadi solusi untuk tanaman nya dan setiap saat bisa langsung di buat. Tapi jika taman yang ingin di tanam merupakan jenis tanaman pohon berbatang sebaiknya konsultasikan dulu dengan arsitek, karena biasanya ada penambahan rangka besi tulang 
   Syarat lain dalam pembuatan taman atap rumah adalah struktur atap rumah, Struktur atap harus di tes terlebih dahulu untuk mengetahui apakah struktur atap bocor/merembes atau tidak.
Cara pengetesanya mudah saja, siramkan air ke area yang akan dibikin taman sampai air tergenang, diamkan sampai 2 atau 3 hari. Jika di bagian bawah atap tidak ada rembesan air berarti atap aman dan bisa dilanjutkan pembuatan taman, Akan tetapi jika ada rembesan air maka perbaiki terlebih dahulu struktur atap sampai benar-benar aman untuk di buat taman.
   Mengenai pemilihan jenis tanaman perlu perhitungan, sebaiknya yang ditanam adalah jenis tanaman yang cepat berbunga tapi lamban pertumbuhan batangnya agar tidak sering memangkas. Kata Ariestio pria lulusan arsitektur lansekap universitas trisakti jakarta.
Tak kalah pentingnya penataan tanaman juga harus diperhatikan, agar keindahan taman lebih menonjol. Menurut Ariestio jika lahan yang dimiliki terbatas perlu kombinasi dalam pengelompokan tanaman. Kombinasinya pilih beberapa jenis tanaman semak berbunga atau ground cover. Tujuanya untuk menciptakan kesan banyak jenis tanaman.
Selanjutnya tinggal menambahkan satu jenis tanaman perdu di area tertentu. Tanaman perdu tergolong penting agar ada gradasi ketinggian pada kumpulan semak tadi.

Sampai disini dulu postingan mengenai taman atap rumah, semoga bermanfaat dan selamat mengaplikasikanya dirumah.
Untuk info lebih lanjut hubungi kami