Thursday, November 13, 2014

Pengertian Marmer

marmer
Mungkin kebanyakan pembaca telah mengetahui pengertian marmer atau dalam bahasa asingnya di sebut marble ini. Kali ini penulis mencoba mengulas kembali pengertian dan sejarah terbentuknya marmer alam.

MARMER adalah batuan kristalin kasar dan berasal dari batu gamping atau dolomit, untuk marmer asli akan berwarna putih tentunya karena batu tersebut disusun oleh material kalsit. Sehingga marmer bisa dikatakan batuan alam yang berasal dari hasil metamorfosa dari batu gamping.

Pengaruh suhu dan tekanan yang di hasilkan oleh gaya endogen yang menyebabkan rekristalisasi padsa batuan tersebut sehingga dapat membentuk foliasi maupun nonfoliasi, yang di akibatkan oleh proses rekristalisasi dalam pembentukan tekstur baru dan keteraturan butir. dan biasanya tambang marmer berdampingan dengan tambang batu gamping.

Batu gamping adalah batu marmer yang masih sangat muda, sehingga masih kurang baik jika diaplikasikan untuk kerajinan, material lantai dan lain-lain.

Marmer Indonesia diperkirakan berumur 30 - 60 juta tahun atau bisa dikatakan berumur kuarter sampai testier. Suhu yang panas dan tekanan sangat berpengaruh terhadap proses metamorfosa dari batuan gamping menjadi marmer, walaupun terjadinya proses metamorfosa ini dalam waktu yang sangat lama yakni ber puluh-puluh ribu tahun yang lalu.

Karena proses yang sangat lama itu kotoran-kotoran dari hasil proses metamorfosa menjadi berbagai corak atau serat yang indah. sehingga bongkahan batu marmer dari gunung marmer jika di potong akan menghasilkan corak yang indah dan menawan. sehingga kebanyakan orang menjadikan marmer sebagai kerajinan, lantai rumah, lantai perhotelan, mall dll. Karena dapat menambah elegan suatu hunian.

Sekian pembahasan mengenai sedikit pengetian marmer alam. semoga pembahasan ini dapat memberikan informasi yang sanyat berguna untuk para pembaca.

Salam sukses.

Terimakasih